Dosen Pembimbing
Muryanto S,Kom.
HARDWARE KOMPUTER
Oleh :
Adesta Riau Agung Prihantoro
1171101160
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
WIDYA DHARMA
KLATEN
2011
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Disini kami menulis tentang hardware dan software untuk
memperjelas apa dan kegunaan dari semua itu. Disini kami menjelaskan tentang
pengertian hardware dan macam – macam hardware.
Penulis menulis tentang ini untuk mengetahui lebih
jelas lagi. Biasanya, sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC (Personal Computer), tapi tak tahu apa
pengertiannya. Dan menggunakan aplikasi tentu juga hanya sekedar menggunakan.
Penulis pernah menanyakan kepada seseorang ketika dia memekai PC. Ternyata,
mereka banyak yang tidak tahu apa arti dari hardware dan software itu sendiri.
Setelah mengetahui tentang harware dan software tentu
kita bisa menggunakan PC tersebut. Missal untuk mengetik sebuah naskah lewat
Microsoft Office Word atau aplikasi Pengolah Kata, dsb. Personal computer juga
dapat digunakan untuk menulis diary atau sebagainya. Nah, sebuah situs didunia
maya juga bias menjadi pengganti itu. Alamat situs tersebut adalah http://blogger.com . Disini kita bisa membagi
ilmu, berjualan, atau berbisnis dengan teman. Dan situs ini bisa juga unutk
blog pribadi. Mungkin pembaca sudah tahu mengenai blog itu sendiri. Unutk lebih
jelasnya mari kita membaca uraian yang penulis buat.
- Maksud dan Tujuan
1
Maksud
Teknolgi Informatika kini telah menjadi bagian dari
kehidupan manusia. Setiap orang kini talah bisa menikmati teknologi informatika.
Namun hanya beberapa orang saja yang telah memahami teknologi informatika. Maka
dari itu saya membuat tulisan ini untuk sedikit membantu memberikan pemahaman
terhadap teknologi infomatika.
2 Tujuan`
1.
Untuk mengetahui arti pengertian dari Hardware.
2.
Menambah pengetahuan tentang Hardware
3.
Memperjelas tentang Hardware.
4.
Agar pembaca tidak tabu lagi tentang Hardware
5.
Menambah wawasan tentang Hardware.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
- Materi Pokok
1.
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang
berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang
menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya. Batasan
antara perangkat keras dan lunak sedikit buram, firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam
perangkat keras. Firmware ini
merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik komputer, dan pengguna
tidak perlu memperhatikan bagian ini.
Komputer
umumnya (komputer pribadi/PC) terdiri dari yang terdiri dari bagian sebagai berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan
tempat CPU, memori
dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu
tambahan.
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,
kontrol voltase dan kipas.
• Pengontrol penyimpanan, dari
jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang
mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive
lainnya;
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk
komputer display.
• Pengontrol komputer bus
(paralel, serial, USB, Firewire) untuk
menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya
seperti
printer atau scanner.
a)
Beberapa jenis penyimpanan komputer:
CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :
CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :
Ø
CD-ROM
Ø
CD-RW
Ø
CD-R
·
DVD antara lain jenisnya :
Ø
DVD-ROM
Ø
DVD-RW
Ø
DVD-R
·
Floppy disk
b)
Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan
jangka panjang.
·
Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang
·
Disk array controller
Ø
Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal
dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki
terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Ø
Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan
komputer ke internet dan atau komputer lainnya.
v
Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol.
v
Kartu network digunakan untuk internet
DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
·
Alat
lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat
memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar
atau yang umum digunakan.
• Input
• Input
Ø
Keyboard
Ø
Alat penunjuk
v
Mouse
v
Trackball
c) Macam - macam Hardware
c.1)
Monitor
Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah
satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set
komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di
antaranya:
a. Monitor
Tabung Layar Cembung
Tabung sinar kathoda (bahasa Inggris:
cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, adalah sebuah
alat penampilan digunakan dalam tampilan komputer, monitor video, televisi dan
osciloskop. CRT dikembangkan dari kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam
seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20 dan perkembangan layar plasma, LCD
dan teknologi lainnya.
(Gambar 1. monitor layar cembung)
b.
Monitor LCD
Dalam membangun komputer PC sendiri, salah satu
persoalan penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan berbagai
perangkat yang juga sangat krusial dalam membuat komputer PC sendiri adalah
pemilihan sebuah monitor untuk menayangkan berbagai informasi digital dan
multimedia. Monitor ini ibarat mata komputer PC dan sekarang tersedia dalam
berbagai pilihan harga dan bentuk yang umumnya disesuaikan dengan selera
penggunanya sendiri.
(Gambar
2. monitor LCD)
1.Monitor Plasma
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar
emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah
pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas
muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran
gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini adalah inert dan
seluruhnya tidak berbahaya.
(Gambar 3. monitor plasma)
c.2)
Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain
papan
ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk
seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu
tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart
memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer,
tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi
X-Y).
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan
menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih
modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini,
teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga
resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada
yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini
diperuntukkan bagi penggemar permainan
video.
(Gambar 4. mouse)
c.3)
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh
penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington. Keyboard
komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched
card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar
kata “keyboard” maka pikiran kita
tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol
untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan
tombol. Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti
: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta
tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol.
Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi
saat ini model keyboard sangat
variatif.
Dahulu orang
banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik.
Nah, keyboard mempunyai kesamaan
bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita
menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa
saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka
hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil
atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian
kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan,
kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard
dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut
dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Menggunakan DIN 5 male
dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
(Gambar 5. Port pada keyboard serial)
1.Keyboard PS/2
Biasanya
digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan.
Pemasangan keyboard tipe ini harus
dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
(Gambar 6. Port pada keyboard PS2 dan konektor pada
motherboard)
2.Keyboard Wireless
Sesuai dengan
namanya, keyboard tipe ini tidak
menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard
dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard
dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya
terdapat pada keyboard itu sendiri,
sedangkan penerima biasanya dipasang pada port
USB atau serial pada CPU.
(Gambar 7. Keyboard dan mouse wireless)
3.Keyboard USB
Komputer
terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data
lebih cepat.
(Gambar 8. Konektor USB)
c.4)
Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi
audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil
suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman
yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan
dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya
suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah.
Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik,
menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu
mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.
Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses
tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda
dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap
kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak
yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya
speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.
(Gambar 9. speaker)
c.5)
Printer
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam
bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer
biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat
mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas.
Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu
yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada
kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser
butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya
pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula
kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau
toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer
biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih.
Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan
perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak
mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis
Drum dan jenis Laser.
(Gambar 10. Printer)
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan tujuan nasional Republik Indonesia untuk memajukan kehidupan
Bangsa. Maka harus mengoptimalakn ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik diharapkan dapat
mengoptimalkan teknologi yang telah ada untuk memajukkan bangsa dan negara.
Penggunaan computer pada saat ini sudah berkembang pesat. Apalagi sekarang
zaman modern, software telah banyak tersebar di website tertentu secara gratis.
Jadi, software-software yang kita inginkan sudah tersedia secara gratis di
website.
B.
Saran
Disini penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini lebih dari
sempurna. Maka, penulis berharap untuk memberikan kritik dan saran yang
bersifat membangun. Agar dilain waktu jika penulis membuat makalah lagi, agar
terhindar dari kesalahan yang kesekian kalinya.
BAB
IV
LAMPIRAN
1.
Lampiran komponen umum yang biasa digunakan
·
Gamepad
·
Scanner gambar
·
Webcam
·
Output
Ø Printer
Ø Speaker
Ø Monitor
·
Jaringan/Networking
Ø Modem
Ø kartu
network
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
Mikrodata - Vol.10 - Seri 6
Mikrodata - Vol.11 - Seri 9
Programmer's Guide to EGA/VGA and
Super VGA Cards, dikutip 14:53:43 7/16/1995
http://ID.Wikipedia.org
http://ID.Wikipedia.org
Mastering CG Untuk Pemula, Tatsu
Maki
en.wikipedia.com
id.wikipedia.com
id.wikipedia.com
0 comments:
Post a Comment