Saturday, October 8, 2011

Definisi Prosesor

Prosesor merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri dari bagian-bagian penting, yaitu :

  • Control Unit (CU) 
CU merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkannya sehingga semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang lain.


  • Algorithmic Logical Unit (ALU)
ALU merupakan bagian yang melakukan semua perhitungan aritmatika untuk menjalankan suatu perintah.

  • Memory Unit (MU)
Memory Unit berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer, terdapat dua macam memory yang penamaanya tergantung pada apakah alat tersebut dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memory yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory), sedankan bagian memory yang dapat membaca dan menulis disebut RAM (Random Accesss Memory).

0 comments:

Post a Comment