Sunday, October 23, 2011

Input Device

Input Device merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan. Sering juga disebut dengan istilah input unit, yaitu : perangkat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, baik berupa signal input atau maintenance input.
Dengan demikian, alat input tidak hanya digunakan untuk memasukkan data namun juga digunakan untuk memasukkan program.
Beberapa perangkat input mempunyai fungsi ganda, yaitu : sebagai alat input dan sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut terminal. Peralatan yang hanya berfungsi alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct input) dan tidak langsung (indirect output).

  • Contoh perangkat input langsung (direct input) adalah papan ketik (keybord), pointing device (misalnya : mouse dan touch screen), scanner (misalnya: optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya: digitizing camera), dan voice recognizer (misalnya: microphone).
  • Contoh perangkat input tidak langsung (indirect input) adalah key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk, (misalnya disket atau hardisk) sebelum diproses lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment